Skip to content

PPKL Harapkan Koperasi RMP Jadi Contoh Koperasi Lainnya

PETUGAS Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL), Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulteng mengunjungi Toko Sembako Murah, salah satu unit usaha Koperasi RMP Mandiri Indonesia, Rabu, 7 Juli 2021. Menurut Asni Karim SE, selaku PPKL, kunjungan itu merupakan upaya pembinaan pemerintah terhadap koperasi di Sulteng.

Dia mengatakan ada tiga aspek pembinaan yang dilakukan PPKL, yakni aspek kelembagaan, keuangan, dan usaha. “Kunjungan langsung kami ke Toko Sembako Murah RMP sekarang terkait aspek usaha,” kata Asni Karim didampingi Kepala Seksi Usaha Koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulteng, Nurmalahayati.

Asni menilai sebagai koperasi pendatang baru, Koperasi RMP Indonesia Mandiri sudah luar biasa.

“Sebab salah satu tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggotanya. Artinya kebutuhan anggota bisa diakomodir oleh koperasi. Ini progres yang bagus, meski belum satu tahun tatapi sudah menunjukkan koperasi yang sesungguhnya,” kata Asni.

Sebagai orang PPKL dan pemerintah, dia berharap Koperasi RMP Mandiri Indonesia yang bergerak di sektor riil, bisa menjadi contoh koperasi lainnya. “Apalagi nantinya akan ada unit usaha di bidang pertanian, jadi kami harapkan semuanya menjadi contoh bagi koperasi lainnya,” katanya.*

Penulis: Syahril Hantono
FOTO RMP: PPKL dan pengurus Koperasi RMP Mandiri Indonesia di Toko Sembako Murah RMP, Rabu, 7 Juli 2011.