Skip to content

RMP Sudah Terbentuk di 12 Daerah di Sulteng

TIDAK lama lagi, Relawan Merah Putih (RMP) akan terbentuk di semua kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tengah. Organisasi masyarakat (Ormas) ini sudah terbentuk di 12 kabupaten dan kota. Tersisa Kabupaten Tolitoli yang dalam waktu dekat akan dibentuk RMP Tolitoli.

Tim Pengurus Pusat RMP Sulteng beberapa waktu lalu melakukan konsolidasi pengurus dan penguatan struktur RMP di lima kabupaten. Kelima kabupaten itu masing-masing Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una Una, dan Poso. Konsolidasi dilakukan dalam waktu tiga hari, mulai tanggal 11 sampai 13 Maret 2021.

Tim Pengurus Pusat RMP terdiri dari Ketua Pembina RMP Ronny Tanusaputra, Ketua Umum RMP Mahfud Masuara, Sekretaris Umum RMP Takbir Larekeng, Wakil Ketua Bidang IT dan Database Adam Sudarto, Wakil Ketua Bidang Media & Publikasi Maichel Christ, Imran, Anca, Nur’ana, Agil Sofian, Ayu, dan Ongky.

Konsolidasi bersama pengurus RMP Banggai dimulakan di Kota Luwuk, ibu kota Kabupaten Banggai, tepatnya di Hotel Estrela. Konsolidasi pertama pengurus RMP Banggai dihadiri oleh 7 kecamatan, dari 23 kecamatan di Kabupaten Banggai. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka menyimak pemaparan dari Ketua Pembina RMP Ronny Tanusaputra, Ketum RMP Mahfud Masuara, dan Wakil Ketua Bidang IT dan Database Adam Sudarto.
Ketua Dewan Pembina, Bapak Rony Tanusaputra dalam arahannya menekankan bahwa pendirian RMP, tujuan utamanya pada kerja kemanusiaan dan pemberdayaan ekonomi anggota RMP. Itu sebabnya fokus utama RMP pada isu-isu kesejahteraan anggota.
Ketua Umum, Mahfud Masuara, menekankan pada aspek kekompakan, keseriusan pengurus dalam membesarkan organisasi RMP. Juga menjelaskan bahwa kehadiran RMP telah membentuk tiga wadah. Pertama, Yayasan RMP, fokus pada kemanusiaan dan bencana. Kedua, ormas RMP, serius dalam membangun pendidikan, ekonomi politik untuk anggotanya Ketiga, Koperasi Produsen RMP Indonesia Mandiri, fokus pada program pemberdayaan ekonomi dan UMKM. Mahfud juga mengingatkan akan pentingnya kebersamaan dalam pengurus, agar senantiasa solid dan kuat.
Selanjutnya penjelasan Adam Sudarto mengenai teknologi informasi di organisasi RMP. RMP merupakan organisasi moderen dengan pendekatan full pada Tehnolgi informasi. Adam juga menjelaskan secara detail bagaimana cara rekruitmen pengurus dan anggota di Ormas RMP. Semua terdatabase dalam sistem, baik on line pun off line. Kekuatan RMP ada di sistem data base berbasis IT. Kunci utamanya ada di kartu anggota RMP. Semua aktivitas organisasi akan terdeteksi dengan baik saat sudah terdaftar secara on line di sistem data base RMP.
Selesai konsolidasi pertama, di hari yang sama tim pengurus pusat RMP bertolak ke Banggai Kepulauan (Bangkep). Mereka dijemput oleh speed boat milik Pemda Bangkep dan tiba di Salakan, ibu kota Bangkep pada pukul 19.00 WITA.

Konsolidasi kedua dengan pengurus RMP Banggai Kepulauan digelar di Hotel Sidapore, Salakan. Sebanyak 12 pengurus kecamatan juga ikut dalam konsolidasi tersebut.

Istimewanya seremoni pembukaan konsolidasi dihadiri Wakil Bupati Bangkep Salim J. Tanasa. Wabup Tanasa turut memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Pusat RMP yang membentuk RMP di Bangkep. Wabup mengharapkan RMP dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di daerahnya.

Usai acara konsolidasi pengurus dilanjutkan dengan peresmian Sekretariat Bersama (Sekber) RMP dan Koperasi RMP Bangkep. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Umum RMP, Mahfud Masuara.

Konsolidasi selanjutnya di Banggai, ibu kota Kabupaten Banggai Laut, Jumat, 12 Maret 2021. Selain pengurus RMP Banggai Laut, acara itu juga diikuti koordinator kecamatan di 7 kecamatan yang ada di Banggai Laut. Usai konsolidasi dilanjutkan dengan peninjauan Sekber RMP Banggai Laut.

Dalam acara konsolidasi dengan pengurus RMP Poso, dihadiri Wakil Bupati Poso, Yasin Mangun. Dia sangat mengapresiasi dengan kehadiran RMP di Poso, dan akan membantu sepenuh hati utk kebesaran RMP di tanah Poso.

Konsolidasi keempat di Kabupaten Tojo Una-una, pada hari Sabtu, 13 Maret 2021. Konsolidasi dihelat di Hotel Lawaka bersama pengurus RMP Tojo Una-una darat.

Kabupaten Tojo Una-una terdiri dari 12 kecamatan, dimana 6 kecamatan di darat dan 6 kecamatan di pulau (laut).

Dari Tojo Una-una tim melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Poso dengan agenda yang sama. Di Poso, RMP akan dibagi menjadi 3 wilayah, RMP Poso 1, Poso 2 dan Poso 3. Poso 1 terdiri dari wilayah kota dan pesisir, Poso 2 wilayah Tentena sampai Bada, dan RMP Poso 3 meliputi wilayah napi dan sekitarnya.

NARASI: Mahfud Masuara dan Eqhel Poloz

Konsolidasi pengurus dan struktur RMP berakhir di Kabupaten Poso. Menurut Ketua Umum RMP Mahfud Masuara, sampai dengan saat ini struktur RMP telah berada di 12 kabupaten dan kota. ‘’Tersisa satu kabupaten lagi yakni Kabupaten Tolitoli, dalam waktu dekat segera akan dibentuk,’’ kata Mahfud.*

EDITOR: Syahril Hantono