Skip to content

Sambut Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Pemerintah Antisipasi Dini Potensi Konflik

DEMI kelancaran tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melakukan pertemuan dengan Kesbangpol di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota melakukan antisipasi dini terhadap potensi konflik yang mungkin terjadi.

Hal itu disampaikan Ses Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kemendagri Imran dalam akun twitter @kemendagri, Selasa 15 Februari 2022.

“Hendaknya terlebih dahulu mengantisipasi dengan deteksi dini dan pemetaan dari potensi konflik itu,” kata Imran.

Imran mengatakan, pendidikan sosial politik kepada masyarakat menjadi hal yang penting dilakukan pemerintah provinsi maupun kabupaten. Sehingga dapat mencegah gesekan dalam setiap proses tahapan penyelenggaraan pemilu dan pilkada.

Tahapan Pemilu 2024 akan dimulai Juni 2022. “Karena itu perlu kesiapan pemerintah, khususnya Kemendagri, dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 tersebut,” katanya.

Imran juga mengatakan pertemuan dengan Kesbangpol provinsi dan kabupaten sebagai tahap awal untuk menghadapi pemilu dan pilkada serentak. Pertemuan itu membahas pelaksanaan pemantauan, instrumen pemantauan, dan hibah pemerintah daerah dalam Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.(rmp/foto twitter)